Selasa, 28 Oktober 2014

Bisa Masak itu Naluri..

Masak. Dari kecil sebenernya kita (kaum perempuan) udah dikenalin sama yang namanya masak. Gue dulu sering banget, main masak-masakan, dari pas umur 4-9 tahun main masak-masakan yang peralatannya boongan kaya dari plastik gitu, yang gaada apinya, cuma mulut aja yang main ''cessss'' kalo pas daun-daunan dimasukin *ceritanya apinya udah panas*, sampe yang masak-masakan dari alumunium yang kaya beneran itu loh, yang kompor-komporannya beneran bisa nyala, tapi gue gak punya yang alumunium ini *biasalah nyokap gak ngebolehin main api-apian*, yang punya mainan ini temen gue yang belakang rumahnya ada halaman. Didukung juga lagi sama nyokapnya, terus didampingin juga kita main..biar gak bahaya, hihi seru ya..tapi kalo gue hanya sekedar mengenal, gak boleh langsung praktek *yaiyalah masih kecil*



Terus juga pas gue SD kelas 5an sampe SMP, suka main kerumah temen yang Ibunya kerja, pastikan mereka mandiri banget. Bagi-bagi tugas sama kakak/adiknya. Dan, otomatis dong, mereka boleh megang kompor alias masak. Ya walaupun sekedar masak mie instan atau telur dadar yang penting kan intinya masak. Gak kaya gue, megang dikit diomelin..umur segitu aja, mereka udah jago masak. Lah gue? Megang aja belom pernah gitu (diumur segitu, ya..kalo sekarang sih udah boleh) oke, karna terlalu sering ngeliat temen gue masak dan bahkan, kalo gue kerumahnya, dia yang masakin buat gue..wah, cewek banget ya elu (dalem hati) lama-lama tangan gatel juga sih pengen masak gitu *sotoy*, lah gimana gak gatel? Gue aja waktu SMP dapet muloknya tata boga, tiap hari ngomonginnya seputar masakan, garnish dan lain-lain, tapi ya tetep aja gabisa..nyalain kompor aja takut. Karna apa? Karna keseringan dilarang kalo gue mau nyoba masak mie instan atau masakan simple ala anak kost lainnya. Nah lama-kelamaan, sampe gue SMA, baru deh dibolehin menyentuh kompor dan mengenal dunia kedapuran kaya masak mie instan, telur dadar, telur ceplok dan nasi goreng ala gue sendiri. Hm, masih simple ya..

Seiring berjalannya waktu, sampe gue udah lulus gini, kadang malah suka disuruh masak gitu, tapi masih masakan yang gampang-gampang, kaya tumisan dan goreng menggoreng. Mungkin muka gue masih belom meyakinkan kali yeeee, lagian gue juga gak berani plus gak pede kalo masakan gue dimakan banyak orang *gaya* haha takut banget gatau kenapa, takut gaenak atau keasinan atau hambar haha karna lidah orang beda cuyyy. Apalagi gue itu paling gak bisa masalah nakar garam, gula, dan bumbu-bumbu lainnya, takut kelebihan atau kekurangan gitu haha ohya eniwei waktu itu gue pernah masak tumis toge, kata nenek gue ''coba tambahin lagi, garam sama gulanya dikit'' pas gue tambahin ''nah, udah pas nih'' masih selow ye, nah kalo nyokap gue.......contoh, waktu gue bikin nasi goreng, nyokap bilang ''ih asin..keasinan nih..asin!!!'' sekali aja gitu ngomong asinnye ye...terus yang kedua sela beberapa hari, ''kok gaada rasa? Hambar nih hambar'' wohoooo serba salah meeeennnnn-___-haha tapi gue tau dan paham banget, namanya nyokap pasti pengen anak perempuannya bisa masaklah. Nanti kalo disuruh ibu mertua (masa depan) masak, terus gabisa? Kan malu-maluin nyokap juga haha jadi ya mau enak atau gak enak masakan lo, asal gak kaku megang piso, tau bumbu-bumbu dapur, tau alat-alat masaknya ya seenggaknya masih mending..

Oke, kesimpulannya.. Seenggak bisa-bisanya elo masak, mau lo dulunya gapernah megang kompor (kaya gue), mau lo dulunya gak ngerti bumbu-bumbunya atau apalah. Namanya seorang perempuan, pasti punya deh naluri bisa masak. Se-enggak pernahnya elo nyentuh dapur. Kalo dikasih resep, disuruh masak. Pasti jadi..kalo gatau bentuk bumbunya, tinggal searching, gambarnya keluar, terus cocokin..ya gak sih? Asal masakan jadi, seenggaknya, elo bisa masak, ya walaupun gak jago. Nah itulah, bisa masak emang udah naluri perempuan. Gak bisa dipungkiri lagi, ladies.. 

sumber foto: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar