Kamis, 15 Januari 2015

Kerja Juga Belajar!

Waktu pas magang di majalah remaja, gue ngerasa kerja itu enak. Enak banget. Beda sama sekolah yang begitu-begitu aja menurut gue. Kita bisa dapet duit, kerjaan menyenangkan (karna dulu pas magang jujur aja, karyawan disana asik banget, bersahabat pulak) rasanya pengen cepet-cepet kerja aja pada saat itu. Tapi, semuanya berubah (asik haha) pas gue sendiri yang ngerasain langsung, mulai dari susahnya cari kerjaan, pas udah dapet, eh kitanya gak nyaman, dan lain sebagainya.

Dari awal gue lulus, terus ngelamar kerja sana-sini sampai akhirnya gue di terima di perusahaan tour and travel di daerah Sarinah, Thamrin.

Namanya anak baru lulus, masih buntu banget kan ya pikirannya (lo doang kali sa! Haha) ya kaya gue gini, mentang-mentang gue sekolah di jurusan Administrasi Perkantoran, jadi setiap ngelamar kerja ya, tujuan gue cuma jadi Admin. Agak susah lho, nyari yang pas itu (kaya cari pasangan hidup aja ye) ya iyalah, pada saat itu gue belum berani ngelamar pekerjaan yang ini itu. Kaku banget ya gue? Bukan gitu juga sih. Gue masih takut. Karna kan gue belajarnya cuma semua tentang Administrasi. Kalo yang lain, gue bisa sih kalo di ajarin mah, tapi masih belum berani aja hehe.

Balik lagi ke topik ya, setelah gue di terima di perusahaan bidang tour and travel itu...ya, Alhamdulillah seneng. Tapi tugas gue selain buat invoice dan LG (Letter of apa gitu gue lupa) gue juga gue bisa jadi Ticketing. Disini banyak banget yang harus gue catet di buku ini itunya, yang harus gue hafalin kode-kodenya, dan masih banyak lagi. Karna gue baru pertama kali kerja, agak nyesel lah, perasaan gue ngelamarnya Admin deh kenapa jadi begini-beginian? Hahaha hari demi hari gue lalui di kantor itu, rasanya kok gue gak nyaman gitu. Apalagi, pas dia bilang setiap sabtu dan minggu gue kudu stay didepan laptop mana tau ada yang booking. Nah itu lagi, gue males kali masa udah kerja di kantor, pas weekend gabisa bebas gitu kan namanya. Jadilah gue tiap hari pulang kerja selalu curhat sama nyokap. Gue akui, bos gue disini itu baik banget, seru lagi, gue di hargai banget walaupun masih karyawan baru. Terus yang interview gue juga baik banget, yang mentorin gue juga sabar banget ngadepin gue ini. Ya, dengan berat hati sih gue harus meninggalkan pekerjaan sebagai Admin Ticketing itu. Lo bayangin aja, gue cuma kerja sebulan, karna gatahan banget hehe mungkin juga itu karna kaget, masa peralihan dari pelajar ke karyawan kali ya. Kesimpulannya, kerja disana gue juga harus belajar lagi dong all about ticketing? Setelah gue keluar, emang berguna lagi? Berguna, kalo gue kerja di bidang itu lagi. Tapi untuk apa gue keluar dari sana kalo gue nyari kerja di bidang yang sama, ya kan?

Setelah gue resign, lalu gue jadi pengangguran dirumah. Belajar juga gak? Ya, belajar ngebo hahaha

Oke, setelah kerja terus resign terus nganggur, akhirnya gue dapet panggilan kerja di tempat sekarang gue kerja (padahal interviewnya udah dari lama), terus setelah gue ttd kontrak, besokannya gue dapet panggilan buat interview di perusahaan minyak kelapa sawit di daerah thamrin (sebenernya gue mengidam-idamkan juga untuk kerja disini) berhubung udah tanda tangan kontrak, dengan berat hati yang sangat berat gue gak dateng.

Resmi kerja di Bank, gue juga banyak belajar cara-caranya, hafalin semua produk bank tersebut (mulai dari tabungan, kredit sampe deposit gue pelajarin disini).

Nah, mulai dari sini gue mengerti, penyesalan gue dulu (waktu kerja di travel), teringat lagi, kalo kerja yang pake belajar itu gak cuma di sana. Setiap karyawan baru, juga harus belajar. Belajar tentang perusahaan, apa pekerjaan kita, belajar berkomunikasi, belajar ketemu orang baru dan lain-lain. Jadi, sekarang gue agak ngerti, gak mungkin kita awal-awal kerja enak-enak aja (emang perusahaan nenek moyang kita sendiri apa?hehe) gak mungkin kita kerja, gak pake belajar ini itu. Intinya, kerja itu ya itung-itung cari pengetahuan gratis juga lah gitu.. Ya, walaupun kalo nanti elo udah gak kerja di bidang yang sama, seenggaknya kalo diajak ngomong atau ditanya sama orang-orang tau sedikitlah tentang apa yang udah lo gali pengetahuannya selama kerja. Jadi, cari ilmu itu gak harus di bangku sekolah. Dimana pun, kapan pun, semua bisa jadi pelajaran, semua bisa di pelajari dan pengetahuan itu penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar