Rabu, 14 Januari 2015

Ini Tuntutan?

Perempuan, bisa bebas untuk memilih mau pake celana atau rok, rambutnya pendek atau panjang (sudah lazim), wajah penuh make up (boleh iya, boleh ngga) dan lain-lain. Coba kalau cowok? Pake celana (ya, emang celana) gak lumrah dong kalo pake rok hehe terus rambut gondrong dikit dibilangnya macem-macem, kalo make up? Ya emang cewek doang yang biasa begini.

Jujur aja, gue sendiri yang perempuan dari lahir (lah emang dari lahir sa haha) lebih nyaman kemana-mana pake celana jeans, udah gitu aja. Kalo mau pake rok paling ke acara-acara tertentu aja, itu juga jarang banget. Kalo rambut sih, emang gue sekarang lagi nyaman sama rambut se-bahu. Tapi dulu pernah sih waktu SD kelas 4 sampe SMP kelas 1 rambut gue selalu pendek haha terus urusan make up? Dari dulu gue orangnya gak suka poles sana poles sini. Gak kenal sama make up dari foundation sampe printilannya. Apalagi waktu jamannya sekolah, diantara temen-temen gue ada yang udah bisa make alis, eyeliner, lipstick, lipgloss pas sekolah. Sementara gue? Paling bedak aja, bok! Kena angin motor aja langsung ilang haha paling kalo dandan, cuma kalo lagi praktek-praktek gitu (kebetulan waktu SMK sering ada praktek yang melibatkan make-up-make-up-an, kaya fashion show, praktek rapat, jamuan bisnis dan lain-lain) terus kalo sekarang, selepas jadi pelajar kalo ketemu teman? Ya, paling cuma pake bedak sama lipstick tipis aja. So simple girl. Gue bukannya cuek, tapi.....ya gitu deh. Kalo gak perlu-perlu amat. Gue liat dari beberapa orang 75% setelah lulus, dandannya full, ya sampe temen-temennya pun kaget sendiri, haha terus mereka lebih suka pake wedges (padahal lulus sekolahnya belum ada 3 tahun) ya itu kan hak mereka, mereka nyamannya gitu mau diapain lagi, ya kan? Kalo gue sih masih stay, nyamannya di flatshoes. Suka sih pake wedges/heels, tapi masih suka gak pede karna gue udah tinggi haha terus ngeri kecengklak, secara gue petakilan.

Lalu, ketika penampilan jadi modal utama dari kerjaan lo...........seketika hening. Ketika make-up menjadi tuntutan lo dalam bekerja? Ya, harus. Ini aturan. Mau diapain lagi? Mau protes? Gabisa. Ini kewajiban.

Iya, jadi gue kerja di salah satu Bank di daerah kelapa gading. Masuk jam 8 pagi, jam 7 sampe setengah 8 harus udah sampe kantor. Ngapain? Dandan lah cyinnn. Padahal gue belum lama kerja disini. Tapi gue udah agak bosen tiap pagi dandan mulu, padahal nyawa belum kumpul haha ya, tapi kalo gak gitu? Apa nasabah mau dilayanin sama orang yang acak-acakan, gak ada warna di wajahnya (asik) ya, jadi mau gak mau harus terima. Lagian juga kita sebagai cewek, sedikit demi sedikit kudu ngerti. Kudu belajar. Ya, menurut gue sih emang harus belajar dandan. Bukan karna mau terlihat cantik, tapi lebih ke gak terlalu polos aja gitu. Gue juga sampe saat ini, masih di tahap belajar dandan. Kalo pake foundation tuh gini, kalo pake bedak tuh harus satu warna lebih tua dari kulit kita, kalo kulitnya ini tuh lipstick, blush on dan eyeshadownya warna ini, pake alis tuh begini dan lain sebagainya. Awal-awalnya sih rada males, udah bangun tidurnya like a anak sekolahan, bermacet-macetan ria, sampe kantor harus buru-buru dandan, ganti sepatu dan briefing tapi lama-lama udah terbiasa sih alhamdulillah. Awal-awal juga gue dibantuin dandan sama kakak-kakak teller yang udah ahli soal dandan hehehe thank u kalian! Gue didandanin, di cepolin, dan lain-lain. Sampai pada akhirnya gue ngerti sendiri.

Dan, ada kakak teller yang bilang, kalo dandan itu udah tuntutan! Jadi, belajarlah mencintai make up ;-) haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar