Senin, 02 Januari 2017

Tren Maksa Masa Kini

Sedikit lucu sama jaman sekarang yang rela melakukan apapun demi GAYA biar keliatan trendy. Bukan hanya itu, yang ada di sekitar gue sih, kalo yang gue liat-liat nih, banyak banget orang yang bergaya tapi gak sesuai isi dompet. Duh kasian ya bok..

Menurut gue yang paling keliatan banget itu di tahun 2016 deh. Banyak orang yang tadinya biasa-biasa aja tau-tau jedeeeerrr. Jadi trendsetter. Mendadak modis (walau masih keliatan biasa aja sih) Ya kalo yang biasa gue liat ini, mereka dari kalangan yang biasa-biasa aja, yang gue tau latar belakang keluarganya, kalo kaya gini gue cuma bisa elus dada dan bilang "kasihan banget ibunya" hemmmm..
Emang sih, namanya seseorang yang udah kerja dan berpenghasilan pengen dong gaya, beli ini beli itu dari hasil usaha sendiri. Sebenernya gak masalah, kalau balance. Gak ngejomplang dan tau lah ya maksudnya. Ehehehe. Susah di ungkapkan deh. Pokoknya gitu haha
Sebenernya kenapa sih hal-hal yang kaya gini bisa terjadi?
Faktor utamanya kalo menurut gue sih social media. Demi pencitraan semata. Biar keliatan wow mereka rela bergaya menghabiskan uang cuma untuk sebuah pengakuan. Ya, pengakuan. Pengakuan kalo sekarang dirinya mampu, mampu beli ini itu, mampu jadi seseorang yang heitz, seseorang yang trendy, dan the real anak gahoel jekardaaaah. Hehe pengakuan kalo di dunia nyata dia suka diremehkan. Duh menyedihkan. Apalagi kan sekarang ini udah macem-macem ya social media. Sebenernya semua ada positif dan negatifnya, sesuai bagaimana cara pandang seseorang terhadap social media ini. Semua mudah. Mudah untuk pencitraan.

Karna faktor ini, mulai deh banyak orang yang butuh pengakuan. Walau memaksakan kehendak, memaksakan keadaan.
Mulai dari kepingin terlihat fashionable. Barang-barang dari mulai baju, celana, tas, sepatu semua branded. Tapi orang-orang yang sok branded ini biasanya kalo ditanya soal brand cuma tau yang minim (a.k.a gak luas ya), cuma tau yang ada di mall A, mall B and etc. Duhhhh sian bok.. Di ajak ngomong AS*S, brand-brand di Shopb*p aja mulai gak ngerti hehehe
Mode udah, biasanya mulai berburu tempat nongki yang hits. Banyak banget, demi check in di path, orang mengeluarkan uang. Bahkan yang lebih ngenes, karna cuma pengen gaya, ada yang cuma masuk mall menengah atas, tapi gak beli apa-apa. Ada yang masuk tempat makan A cuma beli minum, demi wifi untuk sebuah pengakuan di social media. Henpon harus yang keren, bodo amat mau caranya gimana juga. Mungkin biar keliatan kalo foto owowtidi di depan cermin outlet branded kali ya hahaha. Haduh, maksa banget sist..

Nah karna era udah kaya gini nih, muncul deh istilah BPJS; Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita. HAHAHA. Kenapa BPJS mulai mewabah (haha emang jentik) di dunia ini? Faktor masih karna social media sih, karna pergaulan, butuh pengakuan, gengsi semata, berlomba-lomba untuk keren-kerenan, kena penyakit meriang kalo temen punya barang branded yang keren. Kalo kaya gini gue yakin banget pemasukan bakalan ngejomplang sama pengeluaran. Karna untuk urusan ini emang gaada habisnya kalo diturutin terus. Ujung-ujungnya? Minjem deh sana-sini. Ya ampun. Kalo udah kaya gitu, malu gak sih sama postingan di social medianya? Hehehe.

Kalo saran gue sih, bergayalah sesuai isi dompet, jangan maksain keadaan, maksain kehendak, kalo gak mampu ya gak usah di mampu-mampu-in. Toh, kita gak perlu nunjukin kalo kita modis, dengan pakaian yang branded. Kalo modis ya modis aja bok sekali pun elo pake baju pasar. Karna se ori-orinya orang-orang yang sok branded, pasti bakalan keliatan biasa aja. Nah sebaliknya, se kw kw nya orang yang beneran tajir branded, pake barang-barang pasar or no merk juga bakalan keliatan branded. Jadi, paling lo cuma di bilang kaya "apaan sih" bukannya "ih dia keren ya sekarang" salah besar deh kayanya. Hehehe. Semoga gaya hidup gak menjadikan kita sebagai orang yang butuh pengakuan sehingga lupa untuk berbagi bersama, membahagiakan keluarga. Aamiin.
Inget ya, utamakan kebutuhan baru keinginan.

NB: Gue bahas soal ini bukan karena ada sindir-sindiran halus. Tidak sama sekali ya guys. Disini cuma pengen ngulas kehidupan orang-orang yang sering gue liat disekitar. Semoga ada pelajaran yang bisa di ambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar