Senin, 17 November 2014

Tertib Itu Wajib!




Waktu jaman-jamannya gue kerja di salah satu kantor deket Mall Sarinah, gue biasa naik busway. Dan lo tau kan ya, jam-jam pergi atau pulang kerja itu kaya apa? Pergi berebut pulang apa lagi. Gue paling kesel kalo ada orang yang gak sabar-an, ya namanya angkutan umum, kalo gamau desak-desakan ya, naik kendaraan sendiri bok.

Ini juga pelajaran soal kesabaran dan pastinya soal ketertiban juga. Jadi, ceritanya dari pertama kalinya seorang Mbak-mbak ini naik, dia itu tampangnya emang udah gaenak banget menurut gue, mungkin kaya ada masalah gitu ya. Dari awal naik, padahal udah dibilang gabisa masuk, udah kepenuhan, dia ngotot gitu, masuk aja dan ngomel sama orang-orang (berasa mobil sendiri). Terus ada seorang bapak-bapak yang berdiri deket mbak-mbak itu (kebetulan pas banget di depan pintu) jadi kena semprot, ntah awalnya gimana, tau-tau mbak-mbak itu jadi marah-marah terus sama bapak-bapak itu. Tapi, bapak itu diem aja, sabar banget deh pokoknya. Sepanjang jalan itu mbak-mbak ngomelin bapak-bapak itu, sampe orang lain ngeliatin, dia tetep aja ngomel (merasa ngasih makan orang tiap hari kali).

Oke fyi, busway yang gue naikin ini jurusan Pgc-Harmoni, setelah sampe di daerah pecenongan, orang yang masuk itu gamau kalah, dan yang keluar juga gamau sabar, dorong-dorongan gitu, sampe akhirnya bapak-bapak yang didepan pintu ini, jatuh diantara sela-sela busway dan halte. Gue kaget, gak tega lah, sementara mbak-mbak ini malah tambah ngomel, terus malah nyukurin. Astagfirullah...untungnya, bapak itu gapapa, dan masih bisa di bantu buat bangun.

Ya, seperti yang gue bilang diatas, dari sinilah bisa kita ambil pelajarannya.

Soal Ketertiban.



 
Tertib itu gampang. Kalo naik angkot budayakan keluar dulu, baru masuk. Karna kalo masuk duluan, orang yang mau keluar jadi susah, timbul lah dorong-dorongan.

Soal Kesabaran.
  


 
Naik angkot, tapi gapunya modal sabar (contoh, sempit dikit ngeluh, ngomel keorang-orang (yang pastinya orang yang diomelin itu juga kesempitan padahal) terus didorong-dorong marah, dsb), mending coba belajar cicil motor atau mobil deh atau gak pulang pergi naik taksi atau ojek. Itu lebih aman, daripada elo gabisa jaga kesabaran, berujung nyakitin hati orang atau yang lebih fatal malah keselamatan orang lain. Contoh, karna gak sabar kita malah dorong-dorongan, terus bikin orang lain jatuh/celaka seperti contoh diatas.

Soal Tepat Waktu.



 
Dari sini, gue juga belajar soal ontime, secara kejadian itu sekitar jam 9an, gue udah telat juga sih, tapi ya, mau diapain lagi, buru-buru juga gak mungkin. Kenapa orang gak sabar dan bisa melanggar tata tertib? Karna mungkin orang itu telat (gak tepat waktu), jadilah buru-buru, timbul lah rasa hilangnya kesabaran, melupakan tata tertib yang bisa merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Coba kalo lo jalan lebih pagi, pasti lo jalan bisa lebih santai, nunggu busway santai, masuk busway ga buru-buru anti dorong-dorongan, pas udah di busway biasa aja (kalo telat kan pasti bawaannya pengen marah-marah terus, ya), keluar juga santai (karna gak ngejar waktu), dan pastinya gak merugikan orang lain.

Soal Menghargai Orang lain.
 
Kalo lo udah memutuskan untuk naik angkot, lo juga pasti udah harus menghargai orang lain. Karna disini (diangkot), kita ketemu banyak orang, berdesak-desakan, dekat dengan budaya antre, dan lain-lain. Sikap menghargai orang lain, sangat diperlukan. Belajar menempatkan diri jadi orang lain, misalnya: Kalo lo mau nyelak antrian tiket busway, lo harus mikir, kalo lo diselak, lo marah gak? Sikap lo gimana? Enak gak digituin? Terus kalo didesek sedikit, protes. Balik lagi, emang itu orang juga mau didesek? Semua orang juga sesek. Ya, intinya belajar menempatkan diri jadi orang lain lah.. Karna kalo kita udah mulai belajar menghargai, otomatis kita bakal dihargai orang lain.

Pokoknya banyak deh, pelajaran yang bisa kita ambil dari naik angkot, termasuk contoh-contoh diatas. Karna, keselamatan diri maupun keselamatan orang lain itu penting. Tugas kita adalah bermanfaat untuk orang lain bukan malah merugikan. Tetap hati-hati, kalo mau aman ya tertib. Karna tertib itu, wajib!


sumber foto: google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar