Selasa, 25 November 2014

Ini Tamparan???



Coba dengerin lagunya cita citata deh 'sakitnya tuh disini' yang lagi ngehits itu loh.. Wah sesuai banget sama suasana hati gue, yang bener-bener saaaakiiiiiiiiittttttttttttt hatiiiiiiiiiiiiiiiii bangeeeeeeeetttttttttttttt. kali ini bukan karna diduain atau si doi bercumbu rayu (bukan banget). Yang sesuai cuma dua bait awal lagu (gak mungkin gue nanyiin kan ya, bisa ikutan ngehits lagi gue) kenapa gue bilang pas banget? Karna emang bener-bener sakitnya tuh disini (re: hati), pas kena banget hatiku, nusuk banget ke hati, sakitnya dubidubidubae lah pokoknya (lebay) kalo kita denger secara langsung ada orang 'terdekat' kita yang ngomongin kejelekan kita 'dibelakang'. Ya kalo gue sih pikir positif aja (pikir positif kok mewek sendiri lo sa), mungkin niat dia baik. Tapi kalo niat baik kenapa ngomongnya gak langsung sama gue, malah sama orang lain? Gue yang denger sendiri jadi melow gak jelas kenapa dia setega ituhhhhhh (ekting) nah itu dia yang gue gak suka. Secara etika, cara kita mengkritik orang lain:

- Ngomong langsung secara baik-baik.

- Jangan ngomong di depan orang banyak.

- Ngomong dari hati kehati.

- Jangan malah ngomong sama orang lain, tentang kekurangan seseorang.
 
Kalo caranya kaya yang diatas kan, setidaknya gue bisa lebih baik nerima masukannya, ya gak sih?

Tapi, kalo caranya, dia ngomongin kita yang jelek-jeleknya doang, merasa dia mengetahui buruk-buruknya kita paliiiiiiing dalam, tanpa pernah mikir kebaikan kita (walaupun secuil, walaupun bukan materi) apa itu baik? Kalo gue pribadi sih, itu hak dia berpendapat tentang diri gue, pas denger itu (tanpa dia tahu ada gue disitu) gue langsung (mewek) introspeksi diri lah, kalo emang sesuai sama sifat gue yang jelek, ya gue terima (wajar dia ngomong gitu), nah kalo yang gak sesuai? (ini bukan masalah sifat, ya!) gak sesuai, maksudnya kaya, dia gatau apa yang kita udah lakuin (dalam memperjuangkan sesuatu), dia gatau kita lagi berusaha melakukan sesuatu, tapi dia langsung ngecap kalo kita gamau bergerak, gabisa berusaha, gue lembek, seakan-akan gue buta internet, gatau ada situs ini itu, seakan-akan gue gak mau memanfaatkan peluang. Kesel gak sih? Seakan-akan dia yang paling pinter, seakan-akan dia doang yang tau kalo sekarang di internet itu bisa cari apaan aja (lowongan, barang baru, barang bekas, dll) tanpa mikir, dia sendiri udah bener apa belum, tanpa mikir dia sendiri udah melakukan sesuatu yang membanggakan apa belum?

Ya, lo mau jungkir balik rol depan rol belakang buat ngeremehin gue juga gapapa, gapapa banget malah. Nah, yang bikin sakit hati yang kedua ini, kalo dia juga bawa-bawa orang tua, orang tua juga dijelek-jelekin (ya walaupun dikit) namanya anak, sensitif kalo orang tua digituin.

Tapi, balik lagi, gapapa deh sekarang-sekarang lo ngeremehin gue, taunya cuma kejelekan gue doang (buta sama sifat baik gue, yang kadang emang gak keliatan dimata orang lain) gapapa, asal nanti tetep tujuan gue, selalu bahagiain orang tua, keluarga, sesama dan orang yang pernah ngeremehin gue sekalipun. Hidup itu berputar, gak selamanya yang ngeremehin diatas terus dan yang diremehin selalu dibawah. Nasib orang gaada yang tau, kali-kali gue jadi seorang kapiten yang mempunyai pedang panjang eh gak deng maksudnya kali aja gue sukses (Aamiin).

Oh iya, balik lagi nih ke atas. Gue mereview lagi kesebelum dia 'ngomongin' gue, kalo seandainya gue gak denger sendiri dia ngeremehin gue dibelakang, gue gak bakal mewek, terus gue gak bakal mikir, gue gak bakal bertindak yang lebih membuktikan (kalo gue bener-bener udah melakukan sesuatu), gue tetep jalan di tempat. Sebenernya yang tipe begini sih ibarat gue lagi nanem pohon, ini pupuk yang paling ampuh supaya pohon gue jadi berbuah banyak. Di banding kritikan yang sesuai sama etika tapi gak ngefek apa-apa buat pohon tersebut. Tetep pikir positif aja sih gue mah, walaupun dalem hati masih ada yang ngeganjel (entah apa), walaupun setelah denger itu gue langsung mewek sesenggukan, jadi males ngomong, dan lain-lain, seenggaknya bikin gue jadi introspeksi diri menjadi yang lebih baik (Aamiin)

Kesimpulan (yela macam makalah aja ada kesimpulannya), apa ini sebuah tamparan kenceng untuk kehidupan kedepan yang lebih cerah gemilang berkilau tiada tara? (apaansi bahasa lo sa)



Ya intinya, gue sendiri nyadar, ini emang 'sebuah tamparan' seorang 'petani kehidupan' yang sedang menanam pohon supaya berbuah banyak, kalo udah berbuah banyak, siapa sih orang yang gak dateng ke pohon itu buat nyabutin? Siapa sih orang yang gak mau ikut nyicipin betapa manisnya itu buah? Sama aja kaya kehidupan, kalo lo udah sukses, siapa sih orang yang gamau (sok-sok) jadi temen deket lo? Semoga tamparan keras ini, menjadi awal kesuksesanku, yaAllah..aamiin, aamiin yarabbal alaamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar