Kamis, 03 Desember 2015

Haruskah CUTI ?

Kerja itu enak. Yaiyalah enak, orang dapet duit, nambah pengalaman, nambah kenalan, banyak temen, nambah ilmu, bisa ngilangin bosen daripada diem aja dirumah. Gak munafik juga sih, mungkin alasan utama beberapa orang memutuskan buat bekerja salah satunya adalah cari duit! (Kebanyakan begitu kan? Tapi jangan begitu ya teman-teman)

Tapi kan yang namanya manusia lama-lama bosen juga sist, jenuh menjalani rutinitas tiap hari, mulai dari bangun tidur, jalan ke kantor, pulang kantor, macet-macetan, sampe rumah tidur (begitu terus dari senin sampe jumat) pasti bosen dong! Ya walaupun kita menikmati itu semua, pasti rasa jenuh itu ada. Gimana enggak, sesuatu yang dilakukan berulang-ulang kali bisa berujung kejenuhan-kebosanan-kepenatan dll malah bisa sampe stress (ini fakta loh)

Gue sendiri aja istilahnya yang baru ngerasain kerja kurang lebih 17 bulan, ada rasa bosenlah, apalagi yang udah puluhan tahun jadi karyawan? Dibilang menikmati, gue menikmati (banget malah)! Nah, kalo udah bosen, gimana lagi? Mending ambil cuti deh. Karna ini keputusan yang paling tepat! Selagi jatah cuti masih ada, kenapa enggak? (Asal jangan bosen dikit, cuti..bosen dikit, cuti. Itu sih kebangetan hehe)

Cerita sedikit, dikantor yang sekarang gue udah hampir setahun kerja disini, kan peraturannya kalo karyawan udah kerja lebih dari enam bulan, udah dapet dong ya jatah cuti, walaupun sehari. Terus, lo ambil cuti-nya gak sa? Ambil lah! Sayang banget dong kalo gak diambil. Tapi pada saat gue bener-bener butuh.

Sebenernya gue udah pernah ditawarin cuti sama atasan gue dari lebaran kemarin, "sa, kamu gaada niat mau nambah cuti?" Gue pikir-pikir, gue belum penat-penat amat gitu, jadi ya gak gue ambil. And finally, bulan November kemarin gue coba minta cuti sama atasan untuk tanggal 2 desember, tapi gak jadi, karna gue baru inget tanggal segitu kantor gue lagi rame-ramenya. Awal bulan soalnya. Akhirnya gue undur tanggal 10 desember nanti. Alhamdulillah, di approve. Yeay.

Mau ngapain sih sa lo ambil cuti?
Mau kemana? Sehari doang kan..
Mungkin itu pertanyaan orang-orang ya. Kalo menurut gue sih, ini saat yang tepat buat gue cuti. Kenapa? Justru karna sehari doang dan first time nya gue ngerasain dapet jatah cuti. Jadi kenapa gak diambil? Sekalipun lo uangin itu jatah cuti akan beda rasanya karna ini soal refresh otak guys bukan soal duit.

Cuti itu gak harus jalan-jalan, gak harus liburan keluar kota, gak harus ngabisin duit (kecuali lo udah dapet jatah cuti 12 hari lebih, gapapa deh). Nah, kalo jatah cuti baru dapet sehari mah, mending tidur siang aja dirumah. Kan gapernah ya sebagai karyawan ngerasain tidur siang, cuti sehari adalah moment yang tepat buat lakuin hal yang gak pernah lo lakuin dari biasanya (dihari kerja)
Banyak loh manfaat cuti untuk kita (cuma tiga sih hehe), apaan aja sih? Simak yuk...

• Menghilangkan Kejenuhan-Kepenatan-Kebosanan
Ini udah pasti. Alasan kuat gue untuk cuti salah satunya adalah ini. Jangan sampe bosan, jenuh dan penat malah bikin kerjaan lo dikantor jadi gak beres. Jangan sampe lo malah jadi muak sendiri sama kerjaan lo karna memaksakan diri buat tetep masuk kerja padahal udah bosen. Jangan ya, karna dengan cuti, rasa bosen kita akan rutinitas insyaAllah akan hilang dan otak kita ke-refresh alias kembali fresh lagi..

• Menumbuhkan Semangat Baru
Siapa sih yang gak seneng Libur? Hehehe biasanya orang yang abis cuti itu seneng, ceria dan semangat kerja nya lebih membara lagi. Kerjaan pun jadi mudah dikerjakan dengan ide-ide baru yang lebih ok.

• Menumbuhkan (kembali) Energi Positif dalam diri kita.
Kalo kita udah mulai lelah kan negatif mulu ya jadinya, mikir yang enggak-enggak, baperan dll. Nah, karna abis cuti jadi ada semangat baru, ceria otomatis pikiran kita jadi positif. Hasilnya pun jadi baik. InsyaAllah kerjaan lancar..

Nah, sekarang udah tau kan kalo cuti juga bermanfaat (asal gak berlebihan ya). Bukan hanya bermanfaat untuk diri kita tapi juga untuk karir kita sendiri. Bisa lebih produktif, banyak ide, semangat kerja sehingga kerjaan bisa selesai dengan hasil baik.

Lalu, kapan sih waktu yang tepat buat cuti?
Pastinya saat kita udah mulai bosan, udah mulai sering marah-marah gak jelas, udah ngerasa mulai gak konsen sama kerjaan, itu kayanya saat yang tepat deh buat lo ambil cuti. Daripada lo maksain masuk kerja, terus nyuri-nyuri waktu buat ngilangin bosen tapi malah ganggu kerjaan yang ujung-ujungnya malah gak beres. Bukan hanya kita yang rugi tapi juga perusahaan.

Jadi, jawaban yang tepat dari judul diatas adalah...harus ya cuti. Alasannya kayanya udah cukup jelas deh dari bahasan kita diatas. Hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar