Selasa, 27 Oktober 2015

Jadi Anak Sulung, Enak Gak Sih?

Terciptanya seseorang jadi anak sulung a.k.a anak pertama a.k.a anak nomer satu a.k.a seorang kakak yang gak punya kakak adalah takdir (haha emang iya ya) bukan karna orang itu milih sama sodara kandungnya "eh gw aja kakaknya lo adeknya" (yaelah dikata main mamah-mamah-an kali ya) atau bukan karna hasil request-an atau bukan yang bukan-bukan deh pokoknya takdir ajah gituh. Gue pribadi dilahirkan sebagai anak pertama atau anak sulung. Dikehidupan pergaulan gue pun, gue kebanyakan bertemu dan berteman sama sesama "kakak" (anak bungsu atau anak tengah ada tapi gak begitu banyak) jadi disini gue akan bahas gimana sih jadi anak sulung itu? Apa aja sih keseruan-keseruan jadi anak sulung? Terus paling gaenak saat apa sih? Yuk satu-satu ya..

Yang enak-enaknya dulu deh alias SUKA-nya jadi anak sulung apa aja sih?

• (Biasanya) Anak pertama itu anak yang paling dibanggain sama orang tuanya.
Sekecil apapun prestasi yang anak pertama raih, pasti akan terus dibanggain orang tuanya. Biasanya sih didepan adik kita gitu dibanggainnya karna biar jadi acuan sang adik supaya bisa jauh lebih berprestasi dari kakaknya. Karna kan biar bagaimana pun anak pertama adalah panutan untuk adiknya dan harapan orang tua. (Duh berat banget kan? Hehe)

• Barang-barang yang dibelikan orang tua buat kita selalu baru.
Karna kita anak pertama alias orang tua kita pertama kali ngerasain punya anak ya saat kita lahir kan? Sebelum adik kita lahir apa-apa yang diinginkan anak pertama pasti diturutin orang tuanya (mungkin sampe punya adik pun gitu). Nah, barang-barang turutan tadi yang nantinya dilungsurin ke adek kita, kasian banget ya si Adek (haha geli loh sama bahasa gue yang gini)

• Bisa nyuruh-nyuruh adek
Hahahaha ini adalah salah satu hal terenak jadi kakak, ya bisa nyuruh-nyuruh adek sendiri. Bisa dibansurin haha kalo gue mah gak sejahanam itu kok (coba tanya adek gue, pernah gak gw nyuruh doi? Bukan pernah lagi kali, suka gatau diri malah nyuruhnya haha)

• Lebih dipercaya orang tua
Karna status kita disini anak pertama (duh sensitif deh kalo soal status, bukan sa...bukan bicara soal status yang onoh kok) alias kakaknya adek-adek dirumah, mungkin ini penyebab orang tua selalu percaya sama si anak pertama, entah itu percaya buat jadiin kita sebagai tempat curhat orang tua, percaya buat ngajarin adek lo belajar, percaya suruh jagain rumah, dan lain-lain. Pokoknya biasanya orang tua selalu mengandalkan anak pertama.

Suka-nya udah, ngejomplang ya kalo gaada lawannya alias dukanya (hehe gak mungkin juga lagian mana ada jadi kakak gaada "gaenaknya" ih ngimpi deh cyinnnn) ok, lanjut. Apa sih dukanya jadi anak sulung?

• Harus selalu ngalah
((Jangan nyanyi ya setelah baca judul paragraf diatas)) Iya walaupun lo maunya terhadap sesuatu yang super duper lo mau/ingin banget gitu, tetep aja lo bakalan harus ngalah dan memberikannya ke adek lo. Biasanya alasan orang tua ke elo simple "kan kamu dulu udah sering" (itu salah satu contohnya aja ya) biasanya sih kalo masih kecil mengalah untuk mainan ya (asal jangan udah gedenya mengalah untuk pacar aja ya :"D untungnya adek gue cowok hehehe yaila lagian sinetron banget sih sa!)

• Suka dibansur-in ngerjain PR adek
Karna kita selalu dipercaya jadilah orang tua nyuruh kita buat ngajarin PR adek yang (biasanya) ujung-ujungnya malah kita yang ngerjain haha sedih banget ya! Ini adalah titik bodohnya gue sebagai kakak...apa? gabisa nolak bok!!!!! Bisa kena eug sama nyokap hehe tapi ada rasa gak tega sih kalo gak dibantuin :D

• Suka jadi sasaran omelan dan jarang dibelain
Karna jadi adik terkadang selalu dibelain, jadilah si anak pertama (Kakaknya) yang diomelin. Mau adeknya yang salah atau gak pasti selalu kita yang kena omelan. Kalo mama gue untungnya gak begitu sih (paling waktu adek gw masih kecil aja, kalo sekarang, adek gue SMP, nyokap gue selalu menerapkan salah ya salah, dia yang harus bertanggung jawab gituloh alias gue udah jarang diomelin karna adek gue haha)

Nah, udah tau kan? Jadi, gimana? Menurut kalian enak gak jadi anak sulung? Kalo gue pribadi sih seneng-seneng aja. Karna orang tua gue gak pernah ngebedain cara mendidiknya, baik ke gue ataupun ke adek gue. Semua sama. Jadi, gue enjoy-enjoy aja lah emang takdir juga cyinnnn mau diapain lagi kalo bukan untuk dinikmati? Hehehehe terus kalo disuruh milih lagi, mending jadi anak sulung, tengah atau bungsu? Gue bakalan tetep milih sulung kok. Karna enak-enak aja kok jadi anak sulung. Bahagia. Betul gak Kakak-Kakak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar