Jumat, 18 September 2015

Pertolongan Pertama Saat Sakit.

Aduh. Kayanya penyakit gue selalu di gabisa ngasih judul postingan yang OK deh. Judul kali ini aja keliatan kaya gawat darurat banget ya, padahal sih gue cuma pengen bahas hal-hal yang pertama gue lakuin saat badan mulai gak enak aja hehe bukan yang parah banget (naudzubillah mindzalik jangan sampe)

Kayanya di dunia ini gak mungkin ya gaada orang yang gak pernah sakit? Sakit juga nikmat yang Allah berikan kepada umat-Nya, lebih tepatnya nikmat penggugur dosa.
Kalo gue pribadi biasanya selalu gak dirasa sih kecuali kalo udah bener-bener gak enak badan baru deh melakukan step-step awal pertolongan pertama saat sakit. Maksudnya gak dirasa disini adalah gak enak badan bukan berarti gue gak masuk kantor (elah kerajinan amat sik), gak enak badan gue pulang kerja tetep bisa ikut kongkow sama temen sampe malem (banyak yang bilang gue gak sayang diri. Tapi ya gimana? Biasanya dengan gini malah bikin gue lebih fresh kalo lagi gak enak badan lalu main haha konyol banget ya ini badan), pokoknya kaya gitu lah contoh gak dirasanya. Banyak yang bilang "ih lo strong amat, sa!" Padahal sih kalo badan ini bisa ngomong juga beda lagi sist ceritanya. Hehe

OK, langsung aja yuk hal-hal yang biasa gue lakuin kalo badan mulai berasa gak enak atau sinyal pengen sakit udah berasa..hm apa aja, ya?

Satu. Tidur Terus.
Hahahahaha iya, kalo badan mulai berasa gak enak, biasanya gue selalu tidur. Dikit-dikit tidur dikit-dikit tidur gitu deh minimal dua jam. Apalagi kalo flu dan demam serta meriang menjelma biasanya gue tidur-bangun-tidur-bangun. Kenapa begitu? Karna kalo itu penyakit gak ditidurin atau gak diistirahatin malah makin berasa sakitnya, berasa pusingnya dan lain-lain. Jadi dengan tidur, insyaAllah pas bangun badan udah sedikit enakan. Karna gue kalo sakit paling karna kecapekan aja. Ohiya, ini hal pertama yang gue lakuin kalo sinyal sakit udah berasa ya.

Dua. Banyak Minum Air Putih Hangat.
Ini hobi gue kalo lagi gak enak badan. Pasti dan selalu yang gue cari adalah air putih hangat. Bawaannya enak aja. Apalagi kalo gue flu. Dengan cara ini bisa mencegah flu berat nantinya (kalo gue sih gitu)

Tiga. Percaya kan Obat Luar.
Kalo sakit jujur aja gue paling males minum obatnya. Bukannya apa dan gimana-gimana sih, gue suka lupaan kalo gue itu lagi sakit. Jadi kalo dapet obat dari dokter awal-awalnya dirutinin setelah itu seingetnya aja, malah gue gak pernah abisin obat loh kalo lagi sakit hahaha bandel ya? Nah..langkah selanjutnya adalah gue pake obat luar atau obat oles atau minyak-minyakan hangat aja gitu..

Empat. Di kerok.
Nah kalo masih gak enak juga, biasanya mama gue langsung menawarkan dirinya sebagai tukang kerok (Kalo lagi gimana ya mau doi) hehe walau sedikit sadis, tapi hasilnya enak bok. Entah kalo abis di kerokin, badan gue jadi lebih enakan sampe 30% hahahaha tapi mama gue gak suka ngebiasain gue dikit-dikit dikerok dikit-dikit dikerok karna ntar jadi kecanduan katanya hehe

Lima. Minum Obat Yang Ada Dirumah.
Nah pada tahap ini kalo mama gue udah bener-bener gak percaya kalo diajak berobat selalu bilang gamau karna gue merasa gapapa. Karna yang mama gue liat gue selalu ngiringkuk atau tidur melulu atau mendadak jadi diem hahaha udah pasti mama gue menyimpulkan kalo gue bener-bener sakit. Terus doi selalu maksain gue untuk minum obat yang ada dirumah. Sampe bener-bener disiapin dan ditungguin sampe gue minum itu obat haha setelah itu gue rutinin eh besokannya juga lupa lagi.

Enam. Berobat.
Udah, ini adalah titik dimana gue bener-bener gak enak badan. Ini pun kudu dipaksa. Kalo gak gue males. Namanya orang sakit mana enak nunggu antrian diklinik? Gak nyaman bok! Tapi mau gak mau kalo udah sakit harus berobat. Urusan obatnya gak gue abisin sih belakangan hehe

Nah itu dia step-step pengobatan kalo gue gak enak badan. Biasanya dikarnakan hal-hal berikut:

Satu. Kecapekan.
Pulang kerja main. Pulang kerja kesana kemari. (Ya gak selalu sih) Sabtu minggu kelayapan. Haha apalagi kalo emang lagi banyak kegiatan diluar, gue nya cuma ngomong lelah tapi besoknya begitu lagi ya sama aja bohong ya kalo badan nya sendiri berkata lain alias bener-bener capek.

Dua. Mandi Malam Hari.
Karna pulang main udah malem. Mau gak mandi...gak enak! Mana bisa tidur gue? Ya jadilah mandi malem. Ditambah angin malem, naik motor kan berasa banget ya? Udah deh badan capek, ditambah begini, gimana gak drop coba?

Tiga. Kurang Tidur.
Karna pulang udah malem, mandi juga malem. Abis mandi malah seger lagi, jadi deh tidur malem alias jadi kalong haha. Bangun tidur pagi-pagi, kerja lagi. Gimana gak keporsir? Gimana gak sakit? Hehe

Empat. Kurang Minum Air Putih.
Mungkin ini salah satu penyebabnya kali ya? Gatau deh. No comment deh kalo soal ini haha (sejujurnya karna gue bingung loh penjelasannya apa? Haha)

Buat temen-temen semua, tetep jaga kesehatan ya apalagi kalo yang banyak kegiatan diluar, makan teratur, banyak minum air putih dan istirahat yang cukup. Karna sehat itu mahal. Kesehatan itu berharga. Karna percuma, kalo semuanya udah ok tapi kita gak sehat? Gak akan berjalan dengan baik. Nyari rezeki dan ilmu aja salah satu modalnya adalah kesehatan, iya kan? Tapi, gue tetep mendoakan semoga semuanya diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Aamiin.

Salam Sehat! #KeepHealthy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar