Rabu, 16 September 2015

(Makna) Pelayanan.

Selamat malam, everyone! Apa kabarnya? Semoga semua pembaca blog ngaur ini diberikan kesehatan, rezeki yang banyak serta nikmat yang tiada henti oleh Allah SWT. Aamiin.. (Berasa ngasih sambutan ya gue hehe gapapa ya saling mendoakan kebaikan sesama muslim)

Sebelumnya, gue rada keder mau ngasih judul postingan ini apa abis membingungkan hehe bingung kenapa sik? (Baik, lupakan saja!) Terinspirasi dari tanggal 4 September kemarin eh maksudnya dua belas hari yang lalu, bertepatan sama Hari Pelanggan Nasional gue jadi pengen bahas all about "Pelayanan". Dalam kehidupan kita sehari-hari pasti akrab banget ya sama istilah Pelayanan? Didalam suatu Pelayanan pasti kita kenal juga sama Pelanggan yang Dilayani dan Pelayan atau (yang lebih keren) Pegawai yang Melayani..

Nah, gue kan kebetulan kerja disebuah instansi pelayanan, ya jadi setiap hari ketemu sama macem-macem pelanggan dari A sampai Z. Udah jadi santapan sehari-hari gitu deh hehe oke, apa aja sih sifat pelanggan yang sering gue temui di kantor? Yuk cus kita bahas satu per satu..

Satu. Pelanggan Sabar.
Rasanya cinta banget kalo berhubungan sama pelanggan yang sabar. Semua urusan jadi lancar dan gak grasak-grusuk. Hasil kerja kita pun baik. Walaupun antrian udah panjang banget kaya apaan tau, pelanggan sabar ini tetep aja diem, senyum dan say "terima kasih, mbak!" Kalo udah gini, jujur aja gue jadi semangat untuk ngerjain kerjaan selanjutnya. Gue sampe gak habis fikir apa sih rahasianya dia bisa segitu sabarnya nunggu antrian? Suka langsung kepikiran dibenak gue "bisa gak ya gue kaya ibu tadi nunggu tanpa pake marah-marah karna capek ngantri?" Batin gue langsung jawab "kayanya gabisa deh" secara gue gasabaran banget bok jadi orang! Haha tapi insyaAllah gue selalu mencoba lebih sabar kalo ngantri apa-apa.

Dua. Pelanggan Pengertian.
Kalo yang kedua ini bawaannya pengen peluk pelanggannya aja. Hehe. Pelanggan yang pengertian kayanya (pasti) punya sifat sabar juga deh. Karna gak mungkin kalo dia gak sabar, dia bisa pengertian. Pengertian disini maksudnya, selalu mengerti keadaan. Misal antrian panjang dia mencoba mengalah untuk orang yang lebih tua setelah dia (karna kalo dia yang lebih dulu dilayani mungkin lebih lama? Atau apapun alasannya) intinya dia pengertian. Gak hanya sama gue, tapi juga sama sekitarnya. Dengan begini keadaan jadi lebih hangat. Gaada sewot-sewotan dan hasilnya pun baik.

Tiga. Pelanggan Perhatian.
Tipe ini biasanya ibu-ibu. Walaupun pelanggan ini keliatan kaya kepo tapi kalo gue malah seneng bisa berbagi sama pelanggan perhatian ini, ya selama gak lewat batas privasi si pelayan atau pegawai instansi tersebut gak masalah sih..biasanya yang ditanya itu gak jauh dari "mbak pulangnya jam berapa mbak" "udah makan siang?" "mbak hati-hati kalo naik motor pake helm nya dicantelin ya" "mbak hati-hati sekarang banyak loh kejahatan ditoilet kamar mandi mall yang naro CCTV di gantungan baju" pokoknya dia care banget ngasih tau hal-hal yang penting kaya contoh diatas. Ada pelanggan yang selalu care sama gue, ibu-ibu. Katanya karna dia selalu inget anaknya kalo liat gue ehehehe sweet amat si ibu..

Empat. Pelanggan Loyal.
Kalo yang ini pelanggan baik hati yang rajin sedekah (semoga rezekinya bertambah ya, Bapak/Ibu). Hehehehe. Tipe ini selalu ngasih makanan atau barang buat Pelayan atau Pegawai yang biasa bantu dia, tapi lebih sering makanan sih..8 dari 10 orang beralasan kenapa dia loyal karna merasa terlalu ngerepotin katanya. Padahal mah gak sama sekali, ya namanya juga kerjaan ya bok kita pan juga digaji yak? Hehehe intinya pelanggan ini tipe pelanggan yang menghargai si Pelayan atau Pegawai.

Lima. Pelanggan Suka Curcol.
Biasanya pelanggan ini datengnya pas jam-jam sepi alias bebas antrian atau pas detik-detik mau tutup. Jadi doi bisa lebih leluasa untuk bercerita. Biasanya bicara soal anaknya lah yang gimana-gimana, cerita sinetron yang bikin baper, cerita soal masalah hidupnya (sampe nangis-nangis) atau cerita yang lainnya. Gue seneng sih karna kita kaya udah dipercaya pelanggan untuk mendengarkan isi hatinya. Tugas kita hanya tetep mendengarkan dan bersahabat..kalo untuk feedback gue rasa kita gaperlu ikut campur apalagi sampe ngomporin. Seperlunya aja. Sebenernya juga kayanya si pelanggan tipe ini hanya mau curhat dan didengarkan..

Enam. Pelanggan Penuh Pujian.
Kalo tipe ini selalu bikin terbang hahahaha gimana gak? Setiap ketemu kita selalu dipuji..Misal "makin cantik aja mbak" "senyum terus jadi tambah manis loh mbak" "mbak bajunya bagus beli dimana jadi tambah cantik deh" "udah siang masih cerah aja mbak wajahnya" dan lain sebagainya. Hahahahaha tapi jangan kepedean ya kalo ketemu pelanggan ini terus..

Tujuh. Pelanggan Ramah.
Kalo pelanggan ini lagi dateng ke kantor pasti tanpa kita senyum duluan atau lagi gak engeh, tipe ini pasti selalu senyum lebar-angguk kepala-lambaikan tangan dan say "selamat pagi/siang mbak salsa" rasanya bahagia ya hari-hari kalo ada orang ramah di sekitar kita. Entah..gue serasa adem kalo liat mereka. Apalagi kalo diluar jam kerja terus ketemu dijalan sama tipe ini, udah deh jadi merasa populer hahahaha

Delapan. Pelanggan Gak Sabaran.
Tipe pelanggan ini sedikit nyebelin dan bikin kerjaan jadi grasak grusuk. Padahal doi baru dateng, tapi maunya buru-buru, maunya duluan. Terus kalo ada kesalahan atau lama dia bisa marah-marah yang super nyeremin. Kalo gue sih, menyikapi pelanggan yang modelannya kaya gini, ya tetep tenang aja, tetep memberikan pelayanan yang paling prima, jangan kebawa emosi biar hasilnya baik.

Sembilan. Pelanggan Kritis.
Kalo ketemu pelanggan yang kaya gini modal kita cuma luasin Knowledge tentang perusahaan dan produk-produk perusahaan aja sih. Jangan sampe kita jadi keliatan gatau. Kalo emang gatau biasanya gue langsung tanya sama atasan. Daripada kita jawab ngaur, dia nanya lagi semakin gak karuan kan bahaya. Karna pelanggan ini baru akan selesai bertanya sampe dia udah bener-bener ngerti. Kalo sampe ketauan jawaban kita ngaur, dia juga bisa serem marahnya.

Sepuluh. Pelanggan Gak Fokus.
Pelanggan ini biasanya bisa menimbulkan miss communication. Kita suruh kemana dia malah kemana. Kita kasih tau A dia iya-iya aja terus langsung kabur ternyata dia nangkepnya B. Ketauan salah eh malah dia yang nyalahin kita. Yang dimarahin kita deh huhu biasanya pelanggan bisa gak fokus karna lagi nerima telepon dan buru-buru.

Sebelas. Pelanggan Cuek dan Jutek.
Tipe ini gak pernah bales senyum kalo kita senyumin. Gak pernah bales salam selamat pagi/siang kalo kita ucapin. Ya gapapa sih, cuma krik aja kalo ketemu sama pelanggan ini. Hehe

Sebenernya banyak sih tipe-tipe pelanggan yang lainnya. Tapi masa iya gue bahas semua? Hehe baik atau gaknya pelanggan jangan sampe bikin pelayanan kita jadi pilih-pilih sama mereka. Tetep adil untuk memberikan pelayanan se-prima mungkin. Karna kalo kita ikhlas, hasilnya insyaAllah bakalan mantul dan ngefek lagi ke kita kok.
Setelah udah sembilan bulan kerja di instansi pelayanan, banyak banget efek baik yang gue dapat. Contoh, satu. Kalo gue lagi ngantri mau beli sesuatu kasirnya panjang, terus kalo gue mau kirim paket atau mau ngantri apaan gitu gue mah kalem aja asal hasilnya baik. Mencoba lebih sabar. Karna gue tau rasanya diomelin sama orang yang gak ngerti kerjaan kita itu gimana? Gaenak bangettttt hehehe berarti jadi terlatih sabar ya. Dua. Gue jadi lebih mementingkan orang lain dibanding diri sendiri. Rasanya kalo orang seneng dan puas sama kerjaan kita, bawaannya kita juga ikut bahagia banget! Tiga. Nambah banyak ilmu dan banyak kenal dan ketemu orang baru. Empat. Gue jadi ngerasa lebih lemah lembut kalo menjelaskan sesuatu ke orang lain.
Pokoknya banyak banget deh kebaikan, nilai positif dan pelajaran yang gue dapatkan selama bekerja disini. Sampe-sample salah satu dari harapan gue setiap hari adalah gue pengen pelanggan selalu senang senang, puas, tersenyum, nyaman. Karna kalo itu udah mereka rasakan, gue pun ikut seneng. Hehehe. Terima kasih sudah menjadi bagian dari hari-hariku, pelanggan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar